Post Terbaru

Memantapkan Tujuan Blogging


Banyak alasan orang blogging. Sebagian untuk meneruskan hobi menulis, sebagian lain untuk share informasi, atau bahkan mencari uang. Blog saya termasuk golongan kedua, blog untuk share informasi kepada orang banyak. Tapi apa informasi di blog saya benar-benar udah sampai kepada reader?

Bagi mereka yang information-oriented blog, sudah barang tentu ingin blognya dibaca oleh reader. Bagaimana cara reader mencapai blog kita? Gak lain dengan mesin pencari. Saya iseng-iseng mencari satu artikel blog HWGA! dan ternyata berada di urutan ke tiga ratus-sekian ribu. Sempat terkesima (terkejut keles! :\) dibuatnya. Apa reader akan nyekip sekian ribu halaman demi sampai ke artikel HWGA! o_O? Helloooooo...

Evaluasi 1: bahasa
Hampir semua judul post saya memakai bahasa inggris. Alasannya sih biar terdengar keren geto. Tapi jadinya malah gak dilirik oleh target konsumen saya yang mayoritas penutur tinular bahasa Indonesia. Judul post juga sering merangkai kata-kata yang terdengar puitis dan misterius. Sekali lagi orang gak akan tertarik karena gak sesuai informasi yang ingin mereka cari.

The Independent Run
Post yang berisi review lomba lari Mandiri Run yang sangat berkesan untuk anak kosan dengan duit terbatas. Bagi saya judulnya keren kayak film-film barat. Tapi pembaca ya gak tertarik. Sebaiknya memakai judul Lomba Lari yang Friendly sama Anak Kosan atau lainnya.

Evaluasi 2: personal branding
Ilmu yang saya dapat di kelas bisnis, bahwa jaman sekarang personal branding bukan hanya produk di warung saja tapi sudah termasuk manusia. Belakangan saya juga sadar personal branding juga erat dengan dunia blogging.

naked-traveler-> wisata mancanegara
sandyeggi-----> sosio-kultural jepang dimata orang indo
creelinbrazil--> sosio-kultural brazil dimata orang inggris
blogodolar----> tutorial bikin blog yang money-oriented
jakartacasual--> sepakbola asia khususnya tenggara

Setiap blog diatas mewakili personal branding yang kuat dan melekat sehingga kita dengan mudah melihat kontras antar blognya.

Sudah saya putuskan berdasarkan traffic blog dan juga keunikan yang saya miliki, HWGA! akan fokus pada dua hal: sekolah tinggi akuntansi negara dan organisasi pemuda dan olahraga (marching band, parkour, running, football). Untuk tulisan pribadi saya pisahkan dalam here we go!. Etss..! total jadi enam dong, bukan dua? :P

Bagaimana dengan blog kalian? Apa yang menjadi personal branding kalian? Share dimari ya!! :)

credit: thanks to sandyeggi's blog

5 komentar:

  1. Wah saya merasa tersanjung disebut di sini. Thanks.

    Ketika saya mampir di blog ini pertama kali saya sudah melihat potensi anda dalam menulis. Tulisan "do you remember your dream, sir" itu menarik. saya juga suka cerita kilas balik seperti itu :)

    Dan kalau melihat tulisan anda kali ini kan paragraf2 nya terlihat seimbang. 6-8 baris. Enak ngebacanya.

    Sepertinya personal branding nya sudah keren :)

    BalasHapus
  2. saya mah cuma buat nulis biasa aja gan. maklum suka banyak unek-unek di kepala

    BalasHapus
  3. @sandyeggi: saya belajar kayak ginian setelah mampir ke blognya agan ini, SEO2an. awalnya gak pedulian kyk gitu2, tapi akhirnya sadar bahwa SEO itu penting.

    sebenarnya itu cerita kebetulan, rencanany cuma mau curhat tapi secara gak frontal :)

    @bayu pantasan...lah bknnya unek-unek itu masa sebelum remaja?

    BalasHapus
  4. SEO itu salah satu topik yang menarik banyak pengunjung loh... kalo anda banyak share tentang SEO pasti banyak yang pengen belajar dan mencontoh blog anda :)

    BalasHapus
  5. boleh, boleh.
    yowes saya bikin post khusus SEO lah kalau gitu :D

    BalasHapus

Designed By